Selamat datang di website resmi desa Tanjung Kuyo

PEMERINTAH DESA Tanjung Kuyo

kecamatan pangkalan lesung - kab. pelalawan

Dipublikasikan pada :

01 April 2017 | 19:40:03 WIB

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1. Sejarah Desa Tanjung kuyo

            Desa Tanjung Kuyo sebelumnya merupakan  sebuah Dusun yang ada di Kabupaten Pelalawan yang sebelumnya juga termasuk kedalam wilayah Kabupaten Kampar, sebelum Desa Tanjung Kuyo berstatus Desa, Tanjung Kuyo merupakan suatu wilayah perdusunan yang bernama dusun Tanjung kuyo.

            Setelah Proklamasi kemerdekaan Indonesia di Proklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945 maka tanggal 28 Oktober 1945, Raja Pelalawan terakhir menyatakan Kerajaan Pelalawan meleburkan diri kedalam Negara Kesatuan Republik Indonesia maka Perdusunan Tanjung Kuyo secara otomatis juga masuk kedalam wilayah Negara Republik Indonesia.

Desa Tanjung Kuyo di bentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Pelalawan nomor: Kpts.141/Pem/2009/122 tentang pemekaran dan perubahan status Dusun menjadi Desa di kecamatan Pangkalan Lesung.

Pada tanggal 16 Maret 2009 Dusun Tanjung Kuyo di resmikan oleh Bupati Pelalawan menjadi  Desa Tanjung Kuyo dengan luas wilayah 2.898 Km2, yang saat ini dengan jumlah penduduk 906 jiwa yang terdiri dari 3 (Tiga) Dusun, 3 (tiga) Rukun Warga dan 9 (sembilan) Rukun Tetangga, Desa Tanjung Kuyo dikepalai oleh Kepala Desa Yang bernama Syataria, beliau merupakan Kepala Desa perdana dan sebagai kepala desa terpilih, adapun batas-batas wilayah Desa Tanjung kuyo adalah Sebagai Berikut  :

- Utara berbatas dengan sungai Kerumutan

- Selatan berbatas dengan sungai Genduang

- Timur berbatas dengan Desa Genduang

- Barat berbatas dengan Desa Pangkalan Tampoi

1.2. Kondisi Wilayah

Desa Tanjung kuyo dengan luas 2,898 km2 dan jika di Presentasekan  + 95  % merupakan wilayah dataran dengan mencakup 3 (tiga) Dusun, 3 (tiga) Rukun Warga dan 9 (sembilan) Rukun Tetangga yang terbagi atas beberapa karakteristik yaitu : adanya daerah aliran sungai dan daerah terpencil dibeberapa Rukun Warga sehingga bila musim hujan dijumpai adanya kondisi jalan yang sulit untuk di tempuh.

Disisi lain Desa Tanjung Kuyo juga pada musim kemarau sangat memperihatinkan karena pada musim ini jalan-jalan berdebu sehingga kondisi tersebut dapat penyebabkan ternganggunya system pernafasan, kondisi ini memang bertolak belakang dengan kondisi wilayah yang berada didaerah dataran, semua ini akibat dari kondisi jalan yang belum dilakukan pengerasan oleh pemerintah daerah maupun oleh PT. Metco Energi.

Pada kondisi ini Desa Tanjung Kuyo berada di jalan PT. Metco Energi (Jalan Perusahan) Yang panjangnya + 2,34 Km mulai dari batas Desa Genduang sampai batas Desa Pangkalan Tampoi.

 

1.3. Keadaan alam

Desa Tanjung Kuyo terletak dijalur Katulistiwa dengan iklim panas memiliki kondisi Geografis pada ketinggian 10–15 Meter dari permukaan laut dengan struktur tanah dataran rendah (Rawa) serta sebagian dataran dengan Kondisi kering berbukit dengan kondisi curah hujan 5,582,5 Mm / Tahun.

Keadaan alam yang demikian maka Desa Tanjung kuyo di domisili oleh tumbuhan jenis tanaman Perkebunan Kelapa Sawit dengan karet, keadaan seperti ini terjadi akibat adanya Perusahaan Perkebunan yang beroperasi dalam wilayah Desa Tanjung Kuyo yaitu PT. Sari Lembah Subur disekitar Desa Tanjung kuyo.

Masyarakat petani yang dulunya mengutamakan bercocok tanam jenis tanaman pangan kini sebagian besar sudah berubah kejenis tanaman perkebunan.

 

1.4. Sosial Budaya

Penduduk Desa Tanjung Kuyo yang heterogen berasal dari seluruh wilayah yang ada di Negara Republik Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama, budaya, dan adat istiadat yang berbeda telah malahirkan Banyak Organisasi dan seni budaya namun demikian masyarakat Desa Tanjung kuyo dapat hidup berdampingan dengan Harmonis antara satu sama lainnya.

Ini disebabkan antara masing-masing suku dan agama dapat saling menghargai dan menghormati.

 

1.5 JARAK GEOGRAFIS

            Mengenai jarak ke tempat-tempat umum dan pusat pemerintahan   dapat di lihat pada table di bawah ini.

NO

TEMPAT

JARAK (KM)

KET

1

Ke Pemerintahan Kecamatan

30 KM

 

2

Ke Pemerintahan Kabupaten/kota

80 KM

 

3

Ke Pemerintahan Propinsi

160 KM

 

4

Ke Kantor Kapolres  Pelalawan

79 KM

 

5

Ke Pasar Tanjung Kuyo

0 KM

 

Sumber Kantor Desa Tanjung Kuyo

 

Kepala Desa

Download

Berita Terpopuler

Desa Tanjung Kuyo,merupakan desa siaga aktif yang ada di kecamatan

Video Terpopuler

Banner